Translate

Senin, 07 Juli 2014

Perlengkapan Gereja


      Temen-temen kita sebagai misdinar, juga harus tau dong apa aja perlengkapan gereja. Ini dia yang pertama. Lonceng Gereja, biasanya digunakan pada saat-saat tertentu untuk memanggil umat beribadat. Seperti saat misa dimulai, do'a malaikat Tuhan, dan do'a ratu surga.
      Yang kedua adalah Tempat air suci. Tempat air suci ini terletak di depan pintu masuk gereja, Air suci yang biasanya kita pakai untuk membuat tanda salib saat masuk dan keluar gereja mengingatkan kita akan pembaptisan dengan air.
      Yang ketiga adalah Panti Umat. Yaitu tempat yang digunakan umat sebagai meja, tempat duduk, dan berlutut pada saat perayaan Ekaristi sedang berlangsung. Dan ini adalah gambar Panti umat digereja Redemptor Mundi Surabaya. 
      Yang keempat adalah Panti Imam. Panti Imam adalah tempat dimana Romo memimpin perayaan ekaristi, tempat lektor membacakan Alkitab, dan biasanya juga sebagai tempat duduk para misdinar. Tata cara lama Misdinar Redemptor Mundi juga menggunakan Altar sebagai tempat tempat duduk Putra Altar, tetapi sekarang semua misdinar diduduk-kan di bangku umat paling depan.
      Yang kelima adalah Altar. Altar yaitu tempat yang digunakan Romo untuk mempersembahkan kurban misa. Ini adalah gambar 7 romo yang sedang memimpin perayaan ekaristi di gereja Redemptor Mundi Surabaya.
      Yang keenam adalah Meja Kreden. Meja yang bertaplak putih dimana keperluan misa disediakan, seperti Ampul, Lavabo, dan Sibori.
      Yang ketujuh adalah Tabernakel. Tabernakel adalah lemari kecil yang terbuat dari baja yang digunakan untuk menyimpan hosti kudus atau Tubuh Kristus. Tabernakel terletak di Panti Imam.
      Yang kedelapan adalah Sanctuary Lamp atau Lampu Abadi. Lampu yang selalu menyala yang menyatakan tanda kehadiran Tuhan. Lampu ini biasanya terletak di Panti Imam, dan didekat ruang Adorasi.
      Yang kesembilan adalah Mimbar. Meja yang digunakan untuk membaca Injil, Mazmur, Doa umat, dan berkhotbah. Meja ini juga terletak di Panti Imam.
      Yang kesepuluh adalah Salib. Salib adalah lambang kemenangan Kristus atas kejahatan dan kematian, penebusan dosa, tugas dan beban hidup kita, serta penderitaan dan cobaan hidup kita.
      Yang kesebelas adalah Sakristi. Sakristi adalah ruangan yang digunakan untuk mengenakan pakaian liturgi bagi Imam, Asisten Imam, Lektor, pemazmur, dan Misdinar. serta sebagai tempat perlengkapan perayaan ekaristi lainnya.
      Dan yang terakhir adalah Relikui dan Koster. Relikui adalah tempat khusus untuk menyimpan benda Santo pelindung Paroki, terletak di altar bagian dalam. maaf ya guys aku tidak bisa memberi gambar Relikui karena aku tidak berhasil mencari gambarnya atau memotretnya karena aku sendiri tidak pernah melihatnya guys. Sedangkan Koster adalah orang yang mempersiapkan seluruh perlengkapan misa dan ibadat diluar perayaan Ekaristi. 
      Sekian dulu ya guys penjelasan dari aku tentang perlengkapan Gereja....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar