Translate

Minggu, 27 Juli 2014

Pakaian Imam

    
     Jubah memang tidak dapat dipisahkan dari hidup gereja, mulai dari misdinar,pastor,uskup,bahkan paus pun memakai jubah. Tidak ada sesuatu apapun yang tidak ada alasannya, selain memperindah dan mempersopan perayaan Ekaristi, jubah juga memiliki banyak arti. Baiklah guys, berikut ini admin sudah merangkum dan menuliskan sebuah post yang berisi tentang Pakaian-Pakaian Imam, selamat membaca!
1.Amik
 
Amik adalah kain putih penutup bahu dengan dua tali di ujungnya dan melambangkan perisai dan keselamatan. Tetapi karena berbagai alasan amik sudah jarang dipakai.

2.Alba

Alba adalah kain putih panjang seperti jubah dan melambangkan kesucian dan keselamatan.

3.Singel
 
Singel adalah tali pengikat pinggang yang berfungsi untuk mengikat alba dan stola. Singel juga melambangkan penguasaan diri,kemurdian,dan ketaatan.

4.Stola
Stola adalah sebuah kain semacam selempang yang dipakai diatas bahu dan ujungnya turun diatas dada. Stola melambangkan kuasa imamat dan tanggung jawab. 
Pemakaian stola juga dibedakan menurut jabatannya:
     -Uskup lurus kebawa
     -Imam menyilang di dada
     -Diakon menyamping

5.Kasula 
Kasula adalah sebuah mantol lebar yang menjadi pakaian khas imam pada saat perayaan Ekaristi. Kasula melambangkan keutamaan ilahi oleh sebab itu warnanya disesuaikan dengan warna liturgi.

     Sudah tahu semua kan? Semoga post ini dapat berguna bagi kalian semua, kritik dan saran di komentar,dan tak lupa tunggu post selanjutnya, God Bless You!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar