Translate

Jumat, 12 September 2014

Lambang-Lambang Kristiani yang Perlu Kalian Tahu Part 1

     Lambang atau simbol adalah sesuatu yang wajib dalam suatu kelompok,organisasi,dll sebagai ciri khas kelompok atau organisasi tersebut. Gereja Katolik juga mempunyai banyak sekali simbol-simbol yang memiliki arti tertentu. Baiklah guys, berikut ini simbol2 kristiani yang admin ketahui dan admin rangkum dalam post dibawah ini.

1.Abu

Benda ini memang biasa kita pakai pada saat Rabu Abu. Saat dipakaikan abu kita pasti merasa gimana gitu. Memang sih, benda ini menjijikkan, tapi tahu nggak artinya abu dalam gereja katolik? Abu dalam Kitab Suci didefinisikan sebagai benda yang tanpa harga,kesengsaraan,malu,tidak berguna,dll.Oleh sebab itu abu oleh gereja didefinisikan sebagai simbol bahwa manusia memiliki dosa sehingga kita sadar sehingga rendah diri dan mau bertobat.

2.Air

Air adalah penunjang kehidupan buktinya mampukah anda hidup tanpa air? Oleh sebab itu jika ada pemberkatan,upacara,atau apapun gereja menggunakan air. Bagi gereja air sebagai lambang pembebasan dari dosa dan lambang kehidupan.

3.Alfa dan Omega

Alfa dan Omega adalah huruf pertama dan terakhir dalam abjad Yunani. Kata-kata ini melambangkan Allah yaitu yang awal dan yang akhir yang dapat disimpulkan bahwa Allah adalah sumber kehidupan manusia.

4.Ad Majorem Dei Gloriam


Ad Majorem Dei Gloriam atau yang biasa kita ketahui sebagai AMDG adalah semboyan para yesuit. Lambang ini berarti "Demi Besarnya Kemuliaan Tuhan" Lambang ini sering kita lihat di Altar,  buku-buku yesuit, dekorasi gereja,dll.

5.Anak Domba


Lambang ini dijadikan gereja sebagai lambang Yesus yaitu Anak Domba Allah. Hal ini juga berhubungan karena pada masa perjanjian lama Tuhan juga memerintahkan Musa dan rakyat Israel untuk menyembelih anak domba dan mengoleskan darahnya pada pintu rumah agar mereka selamat.

6.Api
 
Kalian pasti sudah sering melihat lambang ini dalam gereja. Lambang ini melambangkan kuasa Roh Kudus atau bahkan Roh Kudus itu sendiri. Telah kita ketahui pada hari Pentakosta Roh Kudus turun atas para rasul dengan rupa api.  Selain itu gereja juga menyatakan api sebagai lambang kuasa Allah.

7.Api dan Merpati
 
Api adalah lambang kuasa sedangkan merpati adalah lambang Roh Kudus. Sehingga kedua lambang ini jika disatukan bisa jadi berarti kuasa Roh Kudus yang memberi semangat dan menuntun kita kejalan yang benar.

8.Bintang
 
Coba bayangkan guys, jika pada suatu malam tidak ada bintang satupun, pasti langit akan terasa dan terlihat lebih gelap. Oleh sebab itu bintang dilambangkan sebagai terang dalam kegelapan. Hal ini dibuktikan ketika "Sang Terang" lahir di dunia maka nampaklah bintang timur yang bersinar terang.

9.Darah
 
Darah dalam gereja Katolik dilambangkan sebagai lambang pengorbanan dan keselamatan. Pada perjanjian lama Musa dan Rakyat Israel diselamatkan oleh darah anak domba yang dioleskan di pintu mereka. Sedangakn pada perjanjian baru kita semua diselamatkan oleh pengorbanan sang Mesias yaitu Yesus Kristus sendiri.

10.Daun Palma
 
Daun Palma dalam gereja katolik berarti lambang kemenangan karena  pada perayaan minggu palma Yesus disambut menuju Yerusalem dengan daun palma yang dipercayai sebagai lambang kemenangan. Selain itu daun palma juga kerap dipakai dalam gambar/patung  orang-orang kudus dan para martir sebagai lambang  kemenangan mereka dalam mempertahankan iman terhadap Yesus.

11.IHS
 
Mungkin kalian sering sekali melihat gambar ini, asal kalian ketahui IHS memiliki tiga arti yaitu:

A. IESU HOMINIS SALVATOR yang berarti Yesus Penyelamat Manusia
B.IN HOC SIGNO (VINCES) yang berarti "dalam tanda ini kamu akan menang. Konon kata ini berasal  pada saat kaisar Konstantinus di medan perang dan menerima penglihatan tersebut.
C.IESU HUMILIS SOCIETATIS yang berarti "Serikat Yesus yang Berendah Hati" yang menjadi semboyan Serikat Yesus atau Yesuit.

12.Ikan
 
Lambang ini dijadikan sebagai lambang Kristus yang berarti penyelamat. Karena pada jaman dahulu dipercaya bahwa ikan adalah hewan yang dapat menjauhkan dari kejahatan. Ikan sendiri berasal dari bahasa latin yaitu ichthus yang dalam bahasa yunanu menjadi Iesous Christos Theou Uios Soter yang berarti Yesus Kristus Anak Allah Penyelamat.

13.5 Roti dan 2 Ikan
 
Tentu kita masih ingat dengan cerita mengenai mukjizat Yesus saat memberi makan 5000 orang laki-laki dengan 5 roti dan 2 ikan. Oleh sebab itu lambang ini berarti kehadiran Yesus dalam Ekaristi atau singkatnya sebagai lambang Ekaristi.

14. Ikan-Ikan Kecil
 
Jika kita pernah melihat gambar ikan-ikan kecil pada bejana babtis di paroki kita mungkin kita berpikir ini cuma hiasan biasa. Namun, arti dari lambang ini adalah Orang-Orang Kristen sebagai utusan Tuhan (ingatkan lambang Kristus adalah ikan?).

15.INRI
 
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan lambang ini, lambang ini merupakan singkatan dari Iesus Nazarenus Rex Iudaeorum yang berarti "Yesus dari Nasareth Raja orang Yahudi" . Sesungguhnya tulisan ini berasal dari 3 bahasa yaitu Yunani,Latin,dan Ibrani yaitu bahasa yang digunakan pad ajaman Yesus. Tulisan ini sering kita lihat pada salib-salib dan pada buku-buku Katolik.

     Yah,sekian dulu yah guys, post admin kali ini,semoga dapat berguna dan menambah wawasan kalin, sekian dulu part 1 kali ini ditunggu part 2 nya yahhhh GBU :)

5 komentar: