Translate

Minggu, 27 Juli 2014

Jubah PAPS RM


      Hai Sobat... kalian pasti udah pernah lihat pakaian misdinar dong..! Nah, biasanya itu perlengkapan pakaian Misdinar tiap Gereja ada perbedaannya tuh.. begitu juga pada misdinar RM.. kita lihat yuk apa aja yang dipakai oleh PAPS RM kita sedang bertugas melayani Tuhan dalam perayaan Ekaristi. Chek it out..!!
JUBAH
Semua misdinar pasti memakai jubah, tetapi jubah misdinar di paroki ini berbeda dengan yang lain. Contohnya seperti gambar diatas.

MOZETA
Jubah pendek sepanjang siku yang menutupi bahu dan hanya mencapai ke siku dengan bagian depan yang terbuka, yang dapat diikat dengan menggunakan deretan kancing di depan dada. Di bagian leher biasanya memiliki hiasan berupa ornamen-ornamen kecil, dinamakan Mozeta. Biasanya warna mozeta yang dipakai disesuaikan dengan warna liturgi. Contoh mozeta di paroki RM seperti gambar diatas.

SINGEL
Singel adalah sebuah tali yang dipakai untuk mengikat jubah. warna singel biasanya disesuaikan dengan warna liturgi.

IKAT RAMBUT
karena kebanyakan wanita berambut panjang, maka para Putri Sakristi Redemptor Mundi mengenakan ikat rambut yang bentuk dan warnanya diseragamkan dan disesuaikan dengan warna liturgi.

Dan inilah hasilnya jika digunakan dengan lengkap :
 

Tetapi terkadang kita juga memakai pakaian seperti dibawah ini :
          

JUBAH

Jubah yang ini sebenarnya sudah umum dipakai para misdinar,fungsi dan bentuknyapun relatif sama tetapi bedanya dengan jubah PAPS RM yang resmi adalah hanya pada bentuk dan warnanya. Jika biasanya yang berwarna pada jubah resmi PAPS RM adalah mozetanya, sedangkan pada jubah umum ini yang berwarna adalah jubahnya.

SUPERPLI
Superpli adalah sebuah pakaian berwarna putih yang dihias dan digunakan untuk melapisi jubah.

SINGEL
singel adalah sebuah tali yang dipakai untuk mengikat jubah. warna singel biasanya disesuaikan dengan warna jubah.

     Yah, admin rasa sudah cukup post admin hari ini,sorry yah kalo gambarnya kayak setan ,kritik dan saran bisa ditulis di komentar. Semoga berguna dan Tuhan memberkati!!! (Model : Stefanus Christian dan Cindy, Fotografer : Icha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar