Translate

Sabtu, 11 Oktober 2014

Lambang-Lambang Kristiani yang Perlu Kalian Tahu Part2

     Welcome guys, admin datang kembali dan menuliskan "sekuel" atau lanjutan dari post sebelumnya yaitu "Lambang-Lambang Kristiani yang Perlu Kalian Tahu Part1".Di post ini  admin akan memberi tahu lambang-lambang atau logo kristiani yang lebih umum kita jumpai dan menjelaskan artinya. Baiklah guys, langsung saja dibaca post dibawah ini......


1.Ayam Jago

 
Ayam adalah tanda persiapan atau juga bisa diartikan sebagai tanda peringatan agar kita tidak jatuh kedalam dosa. Seperti ayam jago yang memperingatkan Petrus disaat menyangkal Yesus 3 kali. Ayam jago biasanya diletakkan dipuncak menara gereja bersama dengan salib. 

2.Jangkar dan Lumba-Lumba

Jangkar adalah sebuah alat pada kapal yang digunakan sebagai alat untuk berlabuh. Sedangkan lumba-lumba adalah hewan yang digunakan oleh para pelaut jaman dulu untuk menentukan arah terutama pada saat badai (jadi bisa dibilang lumba-lumba adalah lambang keselamatan. Jadi Jangkar adalah tanda harapan dan lumba-lumba adalah lambang Kristus. Lambang ini biasanya muncul pad akuburan-kuburan Kristen di Eropa.

3.Kapal
Kapal didalam agama Kristen dan Katolik adalah Lambang gereja dalam dunia yang terombang-ambing oleh  kesulitan dan tantangan jaman .

4.Kunci


 Kalian pasti tahu mengapa kunci dipakai oleh gereja sebagai salah satu lambang. Yah, kunci melambangkan wewenang rohani atau istilahnya hak rohani. Contohnya Santo Petrus, dia dipilih Tuhan untuk memimpin umatnya dan menjadi wakil Tuhan di dunia dengan memberi Petrus Kunci Kerajaan Surga.

Wewenang rohani yang dimaksud adalah :
-mengajar
-menggembalakan umat
-menyampaikan penghapusan dosa melalui Allah dalam sakramen tobat.
-Memberikan sanksi rohani terhadap dosa yang dibuat.

Kunci juga dihubunkan dengan kekuasaan. Lambang kunci paling terkenal dapat kita lihat pada gambar atau patung Santo Petrus dan lambang negara Vatikan.

5.Lilin


Lilin adalah lambang Kristus sendiri. Lilin dianggap sebagai pembawa cahaya yang paling mulia karena selain menerangi lilin juga mengorbankan diri dengan meleleh. Lilin didefinisikan sebagai lambang Kristus karena  Kristus memberikan terang kepada dunia dengan cara mengorbankan dirinya. Lilin biasanya muncul pada malam paskah.

6.Merpati


Nah,kalian pasti tahu kan lambang ini? Ya, lambang ini melambangkan Roh Kudus. Selain itu, Merpati juga melambangkan kesucian dan kemurnian,selain itu, merpati juga dapat menjadi lambang  Perdamaian dan ketulusan karena merpati pada jaman dahulu dipakai sebagai "tukang pos" dan terbang mengantar surat tanpa digaji :)

7.Minyak


 Minyak adalah lambang kesembuhan, oleh sebab itu, ada sakramen babtis, manusia disembuhkan dan dihapuskan dari dosa asal, dan di sakramen krisma manusia disembuhkan kembali dari dosa-dosanya, lalu pada sakramen pengurapan orang sakit minyak digunakan untuk menyembuhkan manusia dari segala dosanya dan dari penyakitnya.Minyak juga digunakan dalm sakramen imamat sebagai lambang kesembuhan manusia dari dosa dan agar siap melayani Tuhan seumur hidup. Minyak juga kadang-kadang dibuat pijat urut :) yah lagi-lagi sebagai lambang kesembuhan dari pegal linu :P LOL :P

8.Nimbus


Nimbus adalah lingkaran yang bisanya terletak diatas kepala orang-orang kudus,malaikat,dll. Nimbus digunakan sebagai lambang kemuliaan yang melambangkan iman kita bahwa Yesus,Maria,dan orang kudus lainnya sudah hidup mulia di Surga.

9.Pakaian Putih


 Warna putih melambangkan kesucian,kemurnian,kegembiraan,dll. Pakaian putih digunakan sebagai lambang manusia baru yang kudus,dan telah diperbaruhi. Pakaian putih biasanya diapkan padasaat pembabtisan, atau pada jubah petugas liturgi termasuk kasula pastor.

10.Pedang


Pedang dalam gereja dilambangkan sebagai lambang kemartiran, pengorbanan,dan firman Tuhan. Pedang dapat dihubungkan dengan dipenggalnya Santo Paulus yang merupakan pewarta agama Kristen. Pedang juga lambang pengorbanan sebagai martir. Pedang uga dilambangkan sebagai firman Tuhan karena tajam menusuk jiwa sekaligus senjata rohani yang ampuh dalam menobatkan atau melindungi jiwa kita (wahyu).

11.Pelangi

Pelangi dalam kitab kejadian adalah lambang janji Allah kepada Nuh dan kepada kita semua untuk tidak membinsakan manusia lagi. Oleh sebab itu, dalam Gereja Pelangi melambangkan kesetiaan Allah yang tentu tidak diragukan lagi. Pelangi juga dianggap cocok karena pelangi selalu tampak indah pada waktunya sama seperti janji Allah yang selalu indah pada waktunya :)

12.PX

 
 Mungkin di Gereja kalian sudah sering sekali melihat lambang ini. Di dalam gereja tanda PX adalah tanda resmi untuk menandakan Kristus. Lambang ini diambil dari dua huruf pertama Yunani “CRISTOS” yang berbunyi Christos atau Kristus yaitu huruf Khi ”C” dan Rho "P". Biasanya kedua lambang ini dipakai bersamaan atau ditambah salib atau bahkan disertai dengan Alfa (A) dan Omega (W). Lambang ini biasanya terdapat pada Altar, benda-benda suci lainnya, kasula Imam,buku-buku rohani,dll.

13.RIP


 Mungkin yang terlintas di benak aklian adalah mengenai kuburan. Yah, memang betul, lambang ini memang biasanya terletak di kuburan. Lambang ini berasal dari singkatan bahasa Latin yang berbunyi "Requiescat In Pace" yang artinya "semoga Ia beristirahat dengan tenang/kedamaian". Lambang ini juga bisa diartikan dalam bahasa Inggris yaitu "Rest In Peace" yang berarti sama. :)

14.Salib

Hasil gambar untuk salib
Lambang ini adalah menjadi lambang pengenal yang sangat membanggakan bagi umat Kristiani. Dari lambang kehinaan, kekejian,dan kerendahan menjadi lambang yang agung, dan  mulia. Lambang ini melambangkan "kemenangan Kristus atas maut". Lambang ini sampai sekarang adalah lambang simple yang resmi menjadi lambang Umat Kristen di seluruh dunia.

15.Gandum dan Anggur


Pada jaman dahulu, pembuatan roti menggunakan gandum, pembuatan anggur juga membutuhkan buah anggur. Dua bahan tersebut adalah 2 bahan persembahan bagi umat Kristen yaitu roti dan anggur. Oleh sebab itu, roti dan anggur menjadi lambang Ekaristi . Yang menunjukkan dua hasil bumi yang menjadi bahan Ekaristi.

     Yah,sekian dulu yah guys, post admin hari ini, semoga menambah wawasan dan dapat lebih mengenal  dan mengerti semua lambang-lambang ini. Terimakasih, dan Tuhan memberkati :)

nb:sumber diambil dari berbagai sumber :) (LOL :p )

10 komentar:

  1. Eduardus Andhika Darma26 Desember 2014 pukul 15.32

    PX itu singkatan dari apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PX itu tanda bukan singkatan. PX adalah dua huruf pertama dari kata "Kristus" dalam bahasa Yunani  , selebihnya bisa dibaca diatas...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Chris, itu mestinya XP (Chi Rho), bukan PX (Rho Chi).. Hehe..
    Asalnya dari kata "Kristus" dalam bahasa Yunani: ΧΡΙΣΤΟΣ (lihat dua huruf pertama). Chi Rho ini merupakan salah satu Kristogram, yakni gabungan dari beberapa huruf yang membentuk singkatan nama atau gelar Yesus Kristus. Contoh Kristogram lain yang lazim kita temui: IHS.

    Untuk yang ayam jago, ada satu makna lagi yang ada di baliknya:
    Seperti kita ketahui, kalau ayam jago berkokok artinya matahari akan segera/sedang terbit. Boleh dibilang kokok ayam jago ini menyambut fajar yang menyingsing. Gelar Kristus yang bangkit adalah Sang Fajar atau Sang Timur. Fajar yang menyingsing juga menandakan harapan, bahwa Tuhan akan datang, dan saat di mana kegelapan dosa dikalahkan. Jadi bisa dikatakan ayam jago ini melambangkan iman dan harapan kita akan kedatangan Kristus kembali, sambil berjaga-jaga agar tidak jatuh ke dalam dosa.

    Jangkar juga merupakan sebuah simbol yang melambangkan keteguhan iman. St. Filomena, seorang martir, seringkali digambarkan memegang jangkar ini karena keteguhan imannya. Dan, tahukah kamu, coat of arms/lambang dari Bapa Uskup kita, Mgr. Sutikno, juga menyertakan simbol jangkar di dalamnya?

    Minyak digunakan untuk pengurapan, yang melambangkan karya atau kehadiran Allah dalam diri seseorang. Dalam Sakramen Baptis, kita diurapi agar menjadi anak-anak Allah. Dalam Sakramen Krisma, kita diurapi agar semakin dewasa dalam iman dan siap diutus. Dalam Sakramen Pengurapan Orang Sakit, kita diurapi agar Allah mengerjakan kesembuhan bagi diri kita, dan memampukan diri kita menyerahkan harapan dan seluruh diri kita ke dalam rencana-Nya yang agung. Dalam Sakramen Imamat, kedua telapak tangan seorang klerik (diakon, imam, uskup) baru diurapi sebagai tanda akan pengudusan dirinya, ia dipisahkan dari dunia dan menjadi milik Allah semata, dan kuasa tahbisan dicurahkan ke dalam dirinya sehingga ia dapat merayakan dan menerimakan Sakramen-Sakramen. Kita bisa membandingkan ritual ini dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Penggunaan minyak ini meneruskan tradisi Yahudi, namun dipahami dalam terang perjanjian baru dan penggenapannya oleh Yesus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyaris kak, hahaha, thank you yah koreksi dan tambahannya, GBU! btw cara nulis huruf yunani itu pakai aplikasi apa yah soalnya kalau pakai microsoft word hasilnya malah kayak kotak nggak jelas gitu kalau sudah masuk di blog

      Hapus
  4. Kenapa tidak semua simbol ditampilkan supaya umat tidak salah mengerti dan dpt dijadikan pengetahuan dan pegangan supaya tdk salah tafsir

    BalasHapus
  5. Sangat menambah wawasan kekristenan, terimakasih utk artikelnyaaaa.

    BalasHapus
  6. Saya boleh minta masukkn gak? Kira2 klau mau cri bukunya. Judulnya apa n siapa pngarangny? Soalnya ada tugas kuliah ni...trimakasih

    BalasHapus
  7. Saya boleh minta masukkn gak? Kira2 klau mau cri bukunya. Judulnya apa n siapa pngarangny? Soalnya ada tugas kuliah ni...trimakasih

    BalasHapus