Translate

Senin, 18 Januari 2016

Jenis-Jenis Minyak dalam Gereja

     Minyak adalah lambang kesembuhan baik kesembuhan dari dosa, penykit, dan lain sebagainya. Minyak seringkali digunakan di beberapa sakramen gereja seperti Sakramen Krisma, Sakramen Pengurapan, dan Sakramen Babtis. Tetapi tahukah kamu jika minyak-minyak yang digunakan itu bukan sembarang minyak seperti minyak goreng atau minayk urut. Minyak-minyak itu adalah minyak yang telah diberkati dan memiliki jenis yang berbeda-beda, apa saja jenisnya? Berikut Daftarnya.


1.Minyak Babtis (OC)

OC atau Oleum Catechumenorum adalah minyak yang diberikan kepada para katekumen (calon babtis yang bukan babtis bayi). Minyak ini melambangkan pemnyembuhan para katekumen dari dosa asal serta memberi kekuatan untuk menjalani hidup sebagai orang Katolik.

2.Minyak Krisma (SC)

SC atau Sanctum Chrisma adalah minyak yang diberikan kepada para penerima Sakramen Krisma. Minyak ini melambangkan penyembuhan sang penerima dari segala dosa yang pernah dilakukan serta simbol penguatan dari Roh Kudus yang diberikan kepada penerima Krisma.

3.Minyak Pengurapan (OI)

OI atau Oleum Infirmorum adalah minyak yang diberikan kepada orang sakit atau pada saat Sakramen Pengurapan Orang Sakit. Minyak ini melambangkan penyembuhan manusia dari dosanya dan dari penyakitnya. 

     Sekian postingan mengenai minyak-minyak dalam gereja ini, semoga dengan postingan ini kalian semakin mengetahui makna-makna dibalik minyak-minyak yang digunakan saat sakramen ini. Terimakasih, Tuhan memberkati!!!

5 komentar:

  1. Kalau utk baris org yg pindah dari Bukan Gereja Katolik, pakai minyak yg mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang pindah dari yang bukan Katholik adalah orang yang sudah dewasa maka yang diPakai adalah minyak babtis dahulu pak, berikutnya baru minyak Krisma...

      Hapus
  2. sangat membantu. terimakasih

    BalasHapus
  3. Kalau minyak katekumen itu apa ya?

    BalasHapus