Translate

Minggu, 20 Juli 2014

Warna-Warna Liturgi

    Sebagai misdinar, kita tentu tidak bisa lepas dari yang namanya warna-warna liturgi yang bisa kita lihat pada saat misa. Oleh sebab itu hari ini admin akan menuliskan dan menjelaskan tentang warna-warna liturgi beserta artinya. Chek it out..!!!
 Putih 
 
Warna putih melambangkan kemurnian, kesucian, kejayaan, keagungan, kemuliaan. Warna putih biasanya dipakai pada upacara-upacara penting dalam gereja, misalnya paskah, natal, hari raya Santa Perawan Maria, pesta Tuhan, dll.

Merah
 
Warna merah melambangkan roh kudus, penumpahan darah, semangat kemartiran, pengorbanan, cinta kasih. Warna merah biasanya  dipakai pada saat minggu palma, Jum'at agung, pentakosta, pesta para martir, dll.

Hijau
 
Warna hijau melambangkan syukur dan pengharapan kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan-Nya kepada kita umat manusia. Warna hijau biasanya dipakai pada masa biasa.

Ungu
 
Warna ungu melambangkan pertobatan, duka, mati raga, penantian. Warna ungu biasanya dipakai pada masa advent, masa prapaskah, misa arwah, dll.

Hitam
 
Warna hitam melambangkan kesedihan sehingga biasanya dipakai pada saat misa arwah, penutupan peti atau misa pemakaman. Namun saat ini warna hitam sudah jarang dipakai.
     Baiklah Sobat, selesai dulu ya postingan admin hari ini. Semoga berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Kritik dan saran silakan  di komentar. GBU :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar