Translate

Selasa, 02 Februari 2016

Jenis-Jenis Salib dalam Gereja

     Salib adalah lambang kekristenan, salib merupakan suatu tanda penyelamatan dari Yesus diatas kayu salib, tak heran lambang itu menjadi tanda kemenangan yang terus digunakan hingga saat ini. Tetapi tahukah kamu jika salib memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki sejarah dan maknanya sendiri. Berikut postingannya.



1.Salib Tak ber "Corpus"
Salib ini adalah salib yang hanya berbentuk seperti salib kebanyakan dan tidak ada Tubuh Kristusnya. Salib ini biasa digunakan oleh gereja-gereja protestan dan beberapa denominasinya yang menganggap Corpus adalah berhala.


2.Salib Crucifix (Salib ber "Corpus")
Salib ini adalah salib yang biasa kita lihat, salib ini menyertakan juga Tubuh Kristus sebagai pengingat akan penyelamatan-Nya di kayu salib. Salib ini biasa digunakan oleh gereja Katolik dan beberapa gereja lain.

3.Salib "Tau"
Salib Tau adalah gambaran awal dari salib Kristus, serta melambangkan apa yang tertulis di kitab Yehezkiel pasal 9 (terutama ayat 4)  yang berbunyi "Firman Tuhan kepadanya: "berjalanlah ditengah kota, yaitu Yerusalem dan tulislah huruf T pada dahi orang yang berkeluh kesah karena segala perbuatan-perbuatan keji yang dilakukan disana." Hingga kini salib ini menjadi ciri khas Ordo Fransiskan.

4.Salib San Damiano
Sesuai namanya, Salib San Damiano berasal dari kapel San Damiano tempat dimana Santo Fransiskus Asisi bertobat dan terpanggil oleh Tuhan untuk memperbaiki gereja-Nya. Salib San Damiano juga menjadi ciri khas Ordo Fransiskan.

5.Salib Yunani
Salib Yunani memiliki bentuk seperti tanda tambah (+) Pada awalnya salib ini digunakan untuk menyamarkan identitas para pengikut Kristus yang dianiaya pada masa Gereja Perdana.

6.Salib Yerusalem
Salib Yerusalem dikenal dengan nama Crusaders Cross (Salibnya Tentara Salib). Salib ini terdiri dari 5 Salib Yunani dengan satu salib besar dan empat salib kecil. Salib ini melambangkan luka-luka Yesus, 4 salib kecil melambangkan 4 Injil dan 4 penjuru bumi, Sedangkan salib besar melambangkan Kristus sendiri.

7.Salib Byzantinum
Salib Byzantinum adalah ciri khas dari Gereja Ortodox. Salib ini seperti salib biasanya namun mendapat tambahan dua palang, palang yang berada di atas melambangkan tulisan INRI, sedangkan palang dibawah melambangkan pijakan kaki Tuhan Yesus.

8.Salib Slavonik
 Salib Slavonik tak berbeda jauh dengan salib Byzantinum, Perbedaanya adalah palang di kaki Yesus berbentuk diagonal. Pada sisi yang lebih rendah melambangkan neraka dan orang yang tak mau bertobat sedangkan sisi yang lebih tinggi melambangkan surga dan orang yang mau bertobat

9.Salib Santo Petrus
Banyak orang mengira bahwa salib terbalik adalah lambang dari antikristus atau sekte sesat lainnya, namun tahukah kamu bahwa salib terbalik merupakan lambang dari Salib Santo Petrus yang ingin disalibkan terbalik karena merasa tak pantas disalibkan seperti Yesus.

10.Salib Santo Andreas
Salib Santo Andreas berbentuk seperti tanda silang (X) karena banyak orang percaya bahwa Santo Andreas disalibkan dengan posisi seperti ini.

11.Salib Santo Benediktus
Ciri khas dari Salib Santo Benediktus adalah di tengah salib terdapat sebuah lingkaran yang berisi salib serta huruf-huruf didalamnya. Di Salib terdapat huruf C.S.S.M.L yang merupakan singkatan dari Crux Sacra Sit Mihi Lux "Semoga Salib Suci Menjadi Terangku" dan N.O.S.M.D yang merupakan singkatan dari Non Draco Sit Mihi Dux "jangan pernah biarkan si naga menjadi pembimbingku". Pada lingkaran terdapat huruf-huruf yaitu:
-V.R.S "Vade Retro Satana" atau enyahlah iblis!
-N.S.M.V "Nunquam Suade Mihi Vana" atau jangan nasehatkan pemikiran sia-sia kepadaku.
-S.M.Q.L "Sunt Mala Quae Libas" atau cawan yang engkau tawarkan adalah kejahatan
-I.V.B "Ipse Venena Bibas" atau minumlah sendiri racunmu!
diatas lingkaran tersebut terdapat tulisan PAX yang berarti kedamaian.
Intinya Salib Santo Benediktus bertujuan untuk melindungi kita dari segala pengaruh iblis.

     Sebenarnya masih banyak jenis salib yang lain seperti Fleur de Lis, Salib St Gregorius, Salib Santo Patrick, Salib Malta, Evangelist, Kalvari, dan lain sebagainya, tetapi tidak memiliki perbedan makna atau bentuk yang kontras dengan yang ada di daftar ini sehingga tidak admin masukkan kedalam artikel ini. Sekian postingan kali ini semoga berguna dan Tuhan memberkati!!!

1 komentar: